Senin, 09 Juli 2012

ngabuburit menjelang buka puasa

Ngabuburit menjelang Buka Puasa

         Menunggu merupakan pekerjaan  membosankan, jika beraktifitas dalam menunggu seperti yang dilakukan sekelompok pemuda naik sepeda keliling Ponorogo merupakan hal yang positif dan harus di tiru.
         Tepat jam lima sore sekelompok pemuda memancal sepeda berombongan melewati jalan Sultan Agung Ponorogo. Dari informasi yang di dapat mereka mengatakan: membuat keringat lebih baik dari pada menunggu tanpa hal atau sesuatu yang positif. Jika menunggu lebih identik malas, melakukan aktifitas lebih terkesan kreatif. 
                   Bahasa agama ibadah sangat luas, dikatakan ibadah sesuatu yang baik dan harus dilakukan ada tuntunanya dalam alQur'an dan Al Haditz.  Kedua harus diniati krono allah ta'ala atau semata mata karena allah swt. Jika kita melakukan ngabuburit tanpa melanggar aturan Allah dan manfaatnya lebih banyak tentunya dapat dikatakan ibadah . Ibadah tidak haurs sakral atau penuh dengan suatu tatanan rumit tapi perlu tatanan yang mendasar dan fokus pada satu tujuan.
                  Perkemabangan abad semakin jauh meninggalkan ritual dan budaya akibat dari tuntutan jaman. Sistem yang semakin keras membuat karakter seseorang yang baik semakin terkikis. Jika seseorang tak mempunyai filter yang kuat maka semua akan menjadi fatal. orang yang baik akan terjerumus dan orang yang buruk akan larut dalam lembah hitamnya. Agama tak bisa menjadi jaminan karena sekedar dibaca dilihat didengarkan tidak diamalkan secara totalitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar